Apakah Negara ini Dibangun untuk Dibecandain?

Sekarang lagi pada rame ngomongon artis dangdut yang bernama zaskia gotik karena lambang negara indonesia dibuat untuk bercanda. Nah, disini gue juga akan bahas itu, tapi disini gue enggak bermaksud membully atau apalah. Gue sadar masih pengetahuan gue masih minim mengenai negara ini, jadi kalau ada salah ya mohon di maafkan.

Oke sebelum gue lanjut bahas topiknya, mendingan kalian lihat aja deh videonya dulu. Siapa tahu tanggapan kalian tentang menghina itu beda.

Setelah melihat videonya, apa tanggapan kalian? Apakah menghina atau tidak? Kalau gue pribadi sih itu enggak etis sih.

Oke deh, langsung aja. Berikut adalah bacotan gue:

Pertama untuk mbak zaskia gotik yang cantik, yang ayu dan katanya smart(lihat video di atas) pasti tau donk sejarah bangsa indonesia. Yup, sejarah bangsa ini memang panjang banget, tapi setidaknya tahulah tanggal proklamasi indonesia itu tanggal berapa? Masak jawab tanggal 32 agustus sih katanya smart? Kalau smart tahu donk kapan hari proklamasi negara indonesia, yakin deh pasti tahu. Bahkan gue tahu sebelum gue masuk TK(taman kanak-kanak). Dan gue juga tahu kalau tanggal 32 agustus itu enggak ada, yang ada tanggal 31 agustus, makanya dulu pas di tanya guru TK. Ada berapa jumlah hari dalam bulan agustus, gue jawab dengan PDnya "ada 31 hari bu" dan guru gue senyum ke gue.

Oke,gue kasih tahu kapan hari proklamasi indonesia itu jatuh pada hari jum'at tanggal 17 Agustus 1945. Dan mbak zaskia yang cantik dan smart tahu, kalau hari itu adalah bulan ramadhan juga yang berarti para proklamator tersebut sedang menjalankan ibadah puasa. Dan mbak zaskia gotik perlu tahu, bahwa pada saat itu presiden kita yang pertama, Ir. Sukarno sedang sakit atau tidak enak badan. Yah, beliau rela menahan rasa sakit hanya untuk memproklamirkan kemerdekaan indonesia. Jadi apakah pantas kalau hari kemerdekaan itu dibuat becandaan, apa enggak malu sama proklamator dan pejuang kita yang sudah rela berkorban jiwa dan raga untuk berdirinya negara ini? Apa susahnya sih ngingat tanggal 17 agustus aja, emang susah ha! Gue juga yakin banyak yang enggak tahu, tapi mbak zaskia gotik kan artis yang ditonton banyak orang, jadi seenggaknya lebih dipikir dulu sebelum bercanda.

Terus untuk lambang pancasila yang di ganti dengan "bebek nungging" itu sungguh keterlaluan. Seharusnya kalau enggak tahu mending diam sih, atau seenggaknya salah jawab tapi lambang sila yang lain itu lebih mending dari pada dibuat bercandaan.

Tahu enggak mbak zaskia gotik? Kalau terciptanya pancasila itu prosesnya sangat lama, bahkan perlu diskusi yang sangat alot hingga akhirnya bisa terbentuk pancasila yang sekarang. Jadi kalau untuk bercandaan itu enggak etis banget dan pancasila memang bukan untuk bercandaan. Ibarat seperti agama(walau analoginya berbeda) ada rukun iman dan islam, enggak bisa dibuat becanda atau diubah-ubah.

Jadi kalau mau minta maaf sih silahakan saja, tapi harus tetep kena sanksi. Enggak peduli alasannya becanda atau khilaf. Malingpun saat ditangkap ngakunya khilaf, tapi apakah khilaf beneran? Tapi hukumkan enggak mandang khilaf enggaknya, kalah lo salah ya salah aja, dan lo harus siap menerima resikonya.

Ingat negara ini bukan negara becandaan yang bisa di becandain seenak udelnya, negara ini terbentuk karena banyak orang yang berjuang, entah berjuang raga, harta atau jiwa. Jadi kalau mau cari topik bercandaan mbok yo dipikir dulu....
SHARE

Admin

Saya hanyalah seorang blogger amatir yang goblog

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.